Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Bounce Rate Blog

Cara Mengatasi Bounce Rate Blog. Bounce rate yaitu persentase pengunjung blog yang hanya mengunjungi satu halaman blog tersebut kemudian langsung meninggalkan blog itu. Jadi bounce rate ini lebih melihat kepada kualitas suatu kunjungn terhadap sebuah blog. Semakin kecil nilai bounce rate blog, maka akan semakin baik kualitas kunjungan terhadap blog atau website tersebut. 

Sebaliknya apabila bonce rate blog semakin tinggi, tentu saja semakin kurang baik kualitas kunjungan terhadap blog tersebut. Hal ini bisa saja diartikan blog yang memiliki bounce rate tinggi sudah kehilangan banyak pengunjung. Nah, lalu bagaimana cara mengurangi bounce rate blog untuk meningkatkan kualitas pengunjung.

Apa yang menyebabkan Bounce rate blog menjadi tinggi? Biasanya para pengunjung blog datang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Akan tetapi pada saat mereka berkunjung dan membaca artikel di blog tersebut, mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika hal itu yang terjadi, sudah tentu pengunjung akan segera pergi dan meninggalkan blog tersebut.

Cara mengatasi bounce rate

Banyak sekali faktor yang menimbulkan bounce rate blog menjadi sangat tinggi. Diantaranya adalah artikel yang kurang berkualitas, ataupun bisa saja disebabkan karena loading blog yang sangat lambat. Untuk mengurangi bounce rate pada blog anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

Buatlah Konten yang Menarik Pengunjung
Jika blog anda memiliki banyak artikel dengan konten yang menarik dan berkualitas, biasanya mereka yang berkunjung ke blog tersebut selalu membaca setiap artikel sampai selesai. Karena hal itulah sebaiknya kita harus memperbaiki kualitas konten supaya lebih menarik dan memiliki banyak informasi yang dibutuhkan pembaca.

Usahakan untuk Meminimalkan Iklan
Pada saat pengunjung membuka blog yang memiliki banyak iklan, apalagi dengan penempatannya yang cukup mengganggu pengunjung saat membaca, biasanya mereka merasa enggan untuk membuka halaman yang lain. Kemudian langsung menutup blog tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya tempatkan iklan dengan baik, supaya enak dilihat, terutama tidak menggangu pengunjung yang ingin membaca artikel. Hal ini juga merupakan suatu cara untuk mengurangi tingkat bouncing.

Mengganti Template Dengan Template SEO Friendly
Selain karena kualitas artikel yang kurang berkualitas, bounce rate ini juga sering ditimbulkan karena loading blog yang sangat lambat. Hal ini biasanya diakibatkan karena menggunakan template blog dengan template yang memiliki banyak java script dan css ataupun terdapat banyak conten flash sebagai plugin untuk membuat tampilan blog lebih menarik.

Tetapi akibatnya loading blog tersebut menjadi sangat lambat dan menimbulkan para pengunjung merasa enggan membuka setiap halaman blog tersebut. Untuk meningkatkan kecepatan blog, sebaiknya gunakanlah template yang lebih ringan, silahkan anda gunakan template seo friendly.

Buatlah Navigasi yang Jelas
Navigasi yang jelas akan memudahkan pengunjung dalam melihat isi blog anda. Contoh, tampilkan Gadget seperti Arsip Blog, Popular Post, dan Kategori. Bisa juga membuat navigasi halaman jika artikel di blog anda sudah sangat banyak. Dengan kemudahan navigasi seperti itu, pengunjung akan merasa nyaman blogwalking di web anda dengan membaca berbagai artikel didalamnya.

Itulah tips saya pada kesempatan ini, semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu memperkecil tingkat bounce rate blog Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Cara Mengatasi Bounce Rate Blog"

  1. makasih tlah berbagi ilmunya kawan..
    sukses slalu y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rendra
      Terimakasih kembali atas kunjungannya. Semoga sukses juga.

      Delete
  2. Thanks...info yang sangat berguna

    ReplyDelete
  3. infonya sangat bermanfaat sekali gan .. makasih banyak

    ReplyDelete
  4. Oh begitu ya ,sebagai blogger memang harus memberikan informasi yang berkualitas dan tepat

    ReplyDelete
  5. Saya selalu memperhatikan konten untuk agar tidak membuat pengunjung kecewa

    Terimakasi sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. @BlogHancus
    Terimakasih sudah berkunjung

    @les privat pep
    Terimakasih atas kunjungannya

    @Toko Komputer Jogja
    Terimakasih atas kunjungannya

    @Berguru SEO
    Terimakasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  7. makasih infonya sob,sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ricky Aldiyansyah
      Sama-sama, terimakasih sudah bersedia berkunjung di blog ini.

      Delete
  8. Terima kasih atas tutorial yang amat berguna bagiku yang newbie ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. @SEO Blog
      Terimakasih sudah bersedia singgah di blog ini.

      Delete
  9. akhirnya ketemu juga.
    Ane sedang ngalamin nie.
    Makasih atas sarannya.
    Coba ntuk praktekin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Erwan Setiawan
      Terimakasih sudah singgah di blog sederhana ini.

      Delete
  10. Baru sekarang (setelah membaca artikel anda ini) aku menyadari betapa pentingnya mengurangi prosentase bounce-rate demi kemajuan sebuah blog ini. Memang betul juga, bila kita teliti lebih jauh lagi, komponen bounce-rate ini juga menjadi salah satu algoritma Alexa-rank yang patut diperhitungkan. Terima kasih, salam.

    Kunjungi blog aku juga di http://bloggerblog67.blogspot, tapi maaf, blognya masih nggak karu-karuan alias masih jelek.

    ReplyDelete
  11. Info yg cukup berguna, keep posting mbak:-)

    ReplyDelete
  12. Salam kenal, berapa prosentase ideal bounce rate untuk sebuah blog tersebut ? Kalau aku teliti, bounce rate blog anda ini masih 37,90 % (data Alexa.com) per 15 Juli 2013. Apakah prosentase yang sedemikian tersebut termasuk ideal ? Mohon pencerahan.
    Satu lagi, apakah pemakaian fitur related-post pada akhir tiap-tiap postingan tidak dapat dipergunakan sebagai alat bantu untuk menurunkan tingginya prosentase bounce rate ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @CARA GAMPANG
      Terimakasih telah berkunjung, dan terimakasih atas ketelitian anda.

      Pemakaian fitur related post, tentu bisa saja membantu menurunkan bounce rate, karena related post membantu meningkatkan jumlah page view halaman. Tetapi kembali juga kepada kualitas artikel pada setiap halaman tersebut.

      Delete
  13. Oh begitu.. saya baru ngerti tentang bounce rate. makasih btw

    ReplyDelete
  14. Kalau boleh saya menambahkan, mungkin bermanfaat :
    » Ramah dalam aktif dalam setiap pertanyaan di kolom komentar.
    » Menyediakan Guestbook atau Buku Tamu untuk tegur sapa sesama Blogger dan bisa jadi tempat promosi kecil"an.
    » Menyediakan tempat bertukar link.
    » Menyediakan online tools yang bermanfaat dan mengajak pembaca atau teman blogger untuk kembali / sering" berkunjung ke blog kita.
    » Jangan lupa, mau menjalankan semua petunjuk ucapkan :
    بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

    dan selesai ucapkan :
    اَلْحَمْدُلِلّهِرَبِّالْعَ​الَمِيْنَ



    Salam Blogger Mania (",)
    ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗╔╦╦╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝╠╬╬╣
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝O╚╩╩╝

    ReplyDelete
  15. thanks tipsnya, semoga aja rendah Bounce Rate blog ane....

    bravoseo.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Bounce rate blog apa dapat dikurangi dengan script target='_blank' yang diterapkan pada setiap link aktif yang ada pada halaman home page maupun halaman postingan ?
    Salam blogger.

    ReplyDelete
  17. wah, coba dulu ah nuruni ilmunya ke blog ane sister.. thnks

    ReplyDelete
  18. Tips di atas memang ampuh kurangi bounce rate. Layak dicoba

    ReplyDelete
  19. betul sekali masta ,seperti di blog aku bounce nya sampai 75%$ ,terkadang kita juga sudah malas untuk mengurangi bounce rate nya,karena sangat sulit untuk menguranginya dan terpaksa kita harus up date terus dan selalu membuat konten yang menarik membuat hal ini sangat sulit lagi rasanya untuk kembali ke awal,dan kesalahn di dalam blog aku setelah say periksa ternyata ada 1 artikel cerita dewasa itulah penyebab bonce rate blog aku meningkat tinggi,untuk solusinya selasin url nya di hapus gimana kira-kira ya masta,di tunggu pencerahannya

    ReplyDelete
  20. Sangat membantu sekali gan, makasih ya.

    ReplyDelete
  21. Boleh dicoba ni sob, mumpung bounce rate ane tinggi, jadi makin tahu lebih dalam nih sob tentang cara menurunkan bounce rate, dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

    ReplyDelete
  22. Ya mbak, bounce rate blog-blog saya sekitar 60%. yang susah menurut saya membuat tulisan yang membuat pembaca betah.
    terima kasih tips-nya mbak

    ReplyDelete
  23. Terimakasih infox sy akan lebih memperhatikan kualitas artikel. Dan template nya

    ReplyDelete